-->

Cara Mendidik Anak Agar Pintar Mengaji

Cara Mendidik Anak Agar Pintar Mengaji

Cara Mendidik Anak Agar Pintar Mengaji

Islam mengatakan bahwa ada tiga amalan yang tidak akan terlepas sampai orang tersebut meninggal dan salah satunya adalah anak yang soleh.

Karena itu mendidik anak agar soleh menjadi suatu tantangan tersendiri bagi para orang tua agar nantinya ketika meninggal anak yang soleh ini menjadi amalan yang tidak akan pernah terputus mata rantai pahalanya.

Agar anak bisa menjadi pribadi yang soleh, selain sholat dan juga mengenalkan tentang agama sejak dini juga perlu dilatih agar pintar mengaji karena didalam al-qur’an terdapat ayat – ayat yang mampu menggerakkan dan melembutkan hati siapa saja yang membaca dan mendengarkannya.

Ada baiknya Anda mengajarkan anak untuk mengaji sejak usia dini agar ketika dewasa anak sudah kenal dan mahir mengaji.

Dan berikut kami berikan informasi beberapa cara mendidik anak agar pintar mengaji yang bisa Anda terapkan!

Cara Mendidik Anak Agar Pintar Mengaji  

Buat mengaji sebagai aktivitas yang menyenangkan

Pada masa pertumbuhan dan perkembangan anak, permainan memang menjadi fokus utamanya. Dan ini memang hal yang wajar karena itu jangan Anda salahkan mereka.

Termasuk kalau ketika ia sudah waktu mengaji kemudian Anda mendapati mereka masih bermain. Jangan langsung membentak mereka karena bisa jadi ia tidak akan mau mengaji sama sekali nantinya.

Ada baiknya Anda mengajak dan kemudian langsung mengajak ia mandi bersama permainan di kamar mandi kemudian ajak mengaji dengan cara yang menyenangkan.

Anda bisa membuat mereka belajar mengaji pada setiap permainan yang mereka lakukan misalkan sembari Anda mendengarkan murratal quran pada anak di tengah anak – anak yang sedang asyik bermain karena ini juga bisa menjadi kebiasaan bagi mereka.

Libatkan anak – anak lain

Belajar mengaji sendiri memang membuat anak cepat bosan. Karena itu coba Anda alihkan. Ada baiknya untuk Anda ajak anak belajar mengaji bersama dengan teman – teman sebayanya karena akan jauh lebih menyenangkan bagi anak Anda.

Anda bisa mengumpulkan anak tetangga yang sebaya untuk belajar mengaji bersama di rumah Anda atau menerapkan cara – cara lainnya.

Perlihatkan kebiasaan membaca al-quran

Rasa cinta dan kebiasaan anak terhadap sesuatu hal biasanya bisa jadi dimulai oleh orang tuanya. Karena itu Anda perlu berupaya agar Anda bisa mencintai al-quran dan terbiasa mengaji jika Anda memang ingin punya anak yang mencintai al-quran dan terbiasa mengaji.

Kalau bisa Anda jadwalkan kapan Anda mengaji dan mengajak anak ikut serta didalamnya. Dengan begini menjadi cara belajar yang efektif bersama anak Anda.

Semoga informasi yang kami berikan diatas untuk Anda tentang Cara Mendidik Anak Agar Pintar Mengaji  bermanfaat. 

Selamat mencoba bunda dan dapatkan banyak manfaat darinya.

Ikuti setiap update terbaru Info Sehat Ibu Dan Anak melalui Email anda:

Seorang ibu muda yang mencoba belajar dan berbuat yang terbaik untuk keluarga yang bahagia. Semoga berkenan, terima kasih.