-->

Perawatan Bayi Setelah Mandi

Perawatan Bayi Setelah Mandi

Perawatan Bayi Setelah Mandi

Merawat bayi memang ada banyak rangkaian proses yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah perawatan bayi setelah mandi.

Setelah memandikan memang diperlukan rangkaian proses lagi sampai kemudian bayi berada dalam kehangatan bedongan dirinya.

Bagi Anda yang merupakan ibu baru yang mungkin baru juga melahirkan, sebenarnya ada beberapa langkah perawatan bayi setelah mandi yang Anda perlu coba terapkan.

Langsung saja Anda simak informasi perawatan bayi setelah mandi berikut ini!

Perawatan Bayi Setelah Mandi

Ada beberapa langkah dalam rangkaian perawatan bayi setelah mandi yang Anda perlu coba terapkan diantaranya :

Pijat kulit setelah mandi dengan baby oil

Sebagai perawatan kulit bayi setelah mandi, Anda perlu upayakan untuk berikan bayi Anda dengan baby oil atau dengan baby lotion supaya nanti kulit bayi tidak mudah kering.

Kemudian Anda berikan bedak bayi atau baby powder yang didalamnya memiliki kandungan pro vitamin B5 yang harum dan memiliki efek yang menenangkan.

Jaga juga agar pakaian bayi tidak perlu menggunakan produk pelembut dan pengharum pakaian yang terlalu keras karena kurang baik untuk pH kulit bayi Anda.

Segera bersihkan alat kelamin bayi setelah pipis atau BAB

Bayi memang terkadang tidak bisa membedakan sebelum dan sesudah mandi. Bahkan bayi ketika habis mandi bisa langsung BAB atau pipis.

Ada baiknya Anda bersihkan kembali pantat dan bagian selangkangan bayi secara benar dan tepat. Kemudian sebelum mengenakan popok upayakan untuk Anda oleskan pantat dan selangkangan dengan krim yang dapat menghindarkan bayi Anda dari masalah ruam.

Upayakan Anda tidak menggunakan diapers pada bayi sepanjang hari karena dapat menyebabkan masalah iritasi pada bagian pantat dan selangkangannya. Popok kain akan cocok untuk harian bayi Anda.

Gunakan obat dokter jika ada kerak

Jika memang nantinya kulit kepala bayi terdapat kerak, hal ini dapat terjadi karena bayi terkena dengan polusi udara dan juga debu.

Anda bisa coba gunakan obat dari dokter atau Anda juga dapat mengoleskan baby oil setelahnya. Gunakan juga baby oil dengan kandungan vitamin E dalam menjaga kelembaban kulit bayi Anda agar tetap lembut dan bebas lecet.

Kemudian setelah digunakan baby oil Anda diamkan kurang lebih sekitar 10 sampai dengan 15 menit dan pijat dengan lembut untuk perawatan kulit bayi sensitif. Kemudian Anda lanjutkan dengan pencucian.

Atur suhu ruangan agar tidak terlalu panas

Upayakan untuk Anda cegah biang keringat dengan Anda coba atur suhu ruangan agar tidak terlalu panas. Juga Anda upayakan pastikan ventilasi udara di ruang bayi Anda dalam kondisi yang baik. Kenakan pakaian setelah mandi dari bahan katun atau kaos yang menyerap keringat.


Demikian sedikit informasi tentang Perawatan Bayi Setelah Mandi yang dapat kami berikan untuk Anda. 

Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Ikuti setiap update terbaru Info Sehat Ibu Dan Anak melalui Email anda:

Seorang ibu muda yang mencoba belajar dan berbuat yang terbaik untuk keluarga yang bahagia. Semoga berkenan, terima kasih.