-->

5 Kebiasaan Yang Harus Dihindari Agar Kulit Wajah Halus


5 Kebiasaan Yang Harus Dihindari Agar Kulit Wajah Halus

Memiliki kulit wajah yang halus merupakan impian hampir semua wanita. Namun, ada banyak faktor yang ternyata bisa merusak kulit wajah wanita yang mesti kita ketahui. 

Dan ada pula kebiasaan yang sering dilakukan wanita juga memberikan efek yang kurang baik bagi kulit wajah.


Yuk simak informasi lengkapnya dibawah ini :

1. Terbiasa mandi air panas

Mandi dengan air panas ternyata dapat mengikis kulit wajah. Yang kemudian akan mengakibatkan lapisan lipid (pengikat sel) yang berguna untuk melembabkan kulit jadi terkikis. 

Lapisan kulit yang tipis ini memang bisa beregenerasi dengan cepat, namun semakin sering ia beregenerasi maka akan menyebabkan kelembaban kulit menjadi berkurang atau hilang.

Selain itu, mandi air panas juga bisa membuat kulit wajah jadi kering dan timbul iritasi yang tidak diinginkan. Apalagi bila pada air terkandung zat klorin. Untuk itu usahakan minimalkan kontak kulit wajah dengan air panas secara langsung dan tidak lebih dari 10 menit.

2. Posisi tidur menyamping

Kebiasaan tidur dengan posisi menyamping juga dapat menyebabkan munculnya kerutan pada wajah. Karena kulit wajah akan langsung bersentuhan dengan seprai ataupun bantal. Bila hal ini sering terjadi bisa merusak lapisan kolagen di kulit wajah.

Selain itu, bila terlalu sering wajah menempel pada bantal, akan mengakibatkan efek gravitasi pada wajah yang membuat cairan bisa berkumpul dibawah mata. Hal inilah yang dapat mempercepat munculnya kantong mata pada wajah.

3. Mencuci wajah dengan scrub yang kasar

Kebiasaan yang satu ini tanpa disadari banyak dilakukan para wanita dan bunda dirumah. Membersihkan wajah dengan scrub memang bisa membantu mempercepat agar wajah bersih. Namun hindari penggunaan scrub yang kasar, karena bisa merusak kulit wajah secara langsung.

Pilihlah scrub dengan jenis yang kecil dan bundar. Bisa juga para bunda menggunakan sedikit baking soda dicampur dengan air sehingga menjadi pasta, sebagai ganti menggunakan scrub. Hal ini sangat baik bagi kulit wajah yang sensitif.

4. Tidak pernah memeriksakan mata

Tanpa kita sadari, adanya gerakan otot mata yang berulang ternyata bisa menyebabkan munculnya garis halus permanen pada area seputar mata. Hal juga bisa menganggu kesehatan dan keselarasan warna kulit wajah.

Memeriksakan mata ke dokter spesialis mata sangat dianjurkan. Karena bisa membantu untuk menjaga kesehatan kulit wajah di area seputar mata kita. Paling tidak disarankan untuk memeriksakan kesehatan mata minimal 1 hingga 2 kali setahun.

Jangan lupa untuk menggunakan kacamata hitam (sun glass) ketika berada di luar ruangan pada siang hari, terutama pada wilayah yang panas dan terik, misalnya ketika berada di pantai.

5. Membersihkan wajah sesudah menata rambut

Pada umumnya banyak wanita yang menata wajah terlebih dahulu kemudian menata rambut. Kebiasaan ini kurang baik bagi kulit wajah bunda. Karena wajah yang telah bersih bisa kembali kotor karena ada bahan dari proses menata rambut yang jatuh pada kulit wajah.

Untuk itu, biasakanlah untuk menata wajah terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan membersihkan wajah dan kemudian memulai riasan pada wajah anda.

Nah, kebiasaan mana yang sering bunda lakukan setiap hari ?

Ada baiknya mulai saat ini kita bisa menghindari hal tersebut di kemudian hari, agar kulit wajah bunda bisa tetap halus dan terjaga.

Salam sehat,

Ikuti setiap update terbaru Info Sehat Ibu Dan Anak melalui Email anda:

Seorang ibu muda yang mencoba belajar dan berbuat yang terbaik untuk keluarga yang bahagia. Semoga berkenan, terima kasih.