-->

Cara Mengatasi Pilek pada Bayi

Cara Mengatasi Pilek pada Bayi

Penyakit Pilek (Flu) bisa saja terjadi pada semua orang, termasuk anak-anak dan orang dewasa. Pilek yang terjadi pada bayi bisa membuat para orang tua cukup resah. Informasi cara mengatasi pilek pada bayi berikut ini diharapkan bisa membantu dalam merawat bayi anda yang sedang mengalami sakit pilek.

Pada umumnya bayi yang mengalami sakit pilek akan sering menangis. Hal ini disebabkan karena tubuh bayi dalam kondisi yang tidak nyaman karena demam dan batuk. Penyakit ini bisa membuat bayi tidak mau makan dan terlihat lemah.

Kondisi seperti ini bila dibiarkan bisa mengganggu kesehatan bayi secara langsung, berat badannya bisa turun drastis dan akan semakin rentan terhadap penyakit lainnya.

Dibawah ini disajikan beberapa perawatan yang bisa anda terapkan dirumah sebagai cara mengatasi pilek pada bayi dengan efektif :

1.   Memberikan Air Susu Ibu

Air Susu Ibu (ASI) sangat baik sebagai nutrisi alami bagi anak, tak terkecuali ketika bayi anda mengalami sakit pilek. Kecukupan ASI bagi bayi bisa menjadi obat alami yang mampu meredakan pilek pada bayi, karena ASI pada dasarnya juga mengandung zat antibodi yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Ketika bayi terserang pilek, memberi ASI bisa diteruskan dan sangat disarankan untuk dilakukan. Biasanya bayi yang menyusui ASI lebih cepat sembuh daripada bayi yang menyusui selain ASI, misalnya susu formula. Ketahanan tubuh bayi yang menyusui ASI Ekslusif pun lebih baik daripada bayi yang tidak menyusui ASI.

2.   Mengatasi demam pada bayi

Cara mengatasi pilek pada bayi yang perlu anda lakukan pertama kali adalah berusaha menurunkan demam pada bayi. Mengatasi demam pada bayi dengan tepat akan menghindarkan bayi anda mengalami bahaya kejang (step).

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi demam pada bayi, antara lain :
  • Kompres bayi dengan air hangat.
  • Menjaga kenyamanan pakaian dan tempat tidur bayi.
  • Tetap memberikan ASI untuk bayi dengan teratur.
  • Menjemur bayi dibawah sinar matahari pagi.
  • Anda juga dapat memberikan obat pereda panas sesuai anjuran dokter, seperti ibuprofen atau acetaminofen.

3.   Menjaga kebersihan tangan dan lingkungan

Untuk mengatasi pilek pada bayi, disarankan selalu menjaga kebersihan tangan dan lingkungan anda, terutama ketika sedang merawat bayi yang pilek. Penyakit pilek terkadang bisa menular dengan cepat bila anda benar-benar tidak menjaga kondisi lingkungan yang sehat. Imbasnya bisa saja anda ataupun anggota keluarga yang lain bisa tertular penyakit pilek.

4.   Membersihkan lendir pada hidung bayi

Cara mengatasi pilek pada bayi yang baik juga dapat diterapkan dengan membersihkan hidung bayi dari cairan lendir ataupun ingus yang sering keluar ketika bayi menderita pilek. Gunakan alat pembersih yang higienis ketika anda melakukan upaya ini dan lakukan dengan hati-hati agar bayi tetap merasa nyaman.

Untuk membantu anda mengeluarkan lendir akibat pilek pada bayi bisa juga dengan meneteskan sedikit air pada hidung bayi dan memiringkan tubuh bayi, setelah itu anda dapat dengan mudah membersihkannya dengan tissu ataupun handuk yang bersih.

5.   Mengeluarkan dahak pada bayi

Bayi yang mengalami pilek, umumnya juga mengalami batuk dan dahak. Cairan dahak ini muncul akibat cairan pada saluran pernafasan bayi yang tidak bisa keluar melalui hidung. Membersihkan dahak pada bayi akan membantu proses kesembuhan pilek dengan lebih cepat.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk hal ini adalah :
  • Buatlah bayi dengan posisi tengkurap pada pangkuan anda, lakukan gerakan tepuk-tepuk ringan pada punggung bayi. Kemudian miringkan tubuh bayi agar lendir dan dahak pada mulutnya dapat keluar.
  • Lakukan penguapan pada bagian wajah dan hidung bayi dengan kain atau handuk yang dibasahi dengan air hangat pada suhu yang aman bagi bayi.
  • Menggunakan pendingin ruangan pada kamar tidur bayi juga membantu menurunkan suhu tubuh bayi.

6.   Memijat tubuh bayi

Memijat tubuh bayi dengan benar bisa diterapkan sebagai cara mengatasi pilek pada bayi. Dengan melakukan sedikit pijatan ringan pada beberapa titik tubuh bayi bisa membantu bayi merasa lebih nyaman. Gerakan pijatan pada bayi juga bisa membantu bayi mengeluarkan lender dan dahak yang ada.

Minyak kelapa dan minyak telon dapat digunakan dalam memberikan pijatan pada bayi. Lakukan gerakan pijatan perlahan dan tidak menekan terlalu kuat, agar bayi dapat merasa lebih nyaman.

7.   Memperbanyak frekuensi tidur bayi

Cara mengatasi pilek pada bayi yang efektif adalah dengan memperbanyak frekuensi tidur bayi. Dengan banyak tidur, bayi akan cukup istirahat dan ketahanan tubuhnya tetap terjaga. Kondisi ini bila disertai dengan 6 langkah lain diatas bisa mempercepat kesembuhan penyakit pilek pada bayi.

Hanya saja memang cukup sulit membuat bayi tidur ketika mereka terserang pilek. Dengan kondisi tubuh yang tidak nyaman, demam ataupun pernafasan yang terganggu akibat adanya lendir dan dahak membuat bayi memang agak sulit untuk tidur. Untuk itu ibu harus berupaya sedikit ekstra agar bayi merasa nyaman dan bisa tidur.

Masih bingung mencari cara mengatasi pilek pada bayi ? Atau mungkin anda memiliki cara yang lebih efektif selain 7 cara diatas ?

Anda pun bisa berbagi kepada kami dan rekan pembaca yang lain dengan menuliskan pengalaman anda sendiri pada kolom komentar dibagian bawah artikel ini.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung pada situs Blog Info Sehat Ibu dan Anak dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

credit image : health.detik.com

Ikuti setiap update terbaru Info Sehat Ibu Dan Anak melalui Email anda:

Seorang ibu muda yang mencoba belajar dan berbuat yang terbaik untuk keluarga yang bahagia. Semoga berkenan, terima kasih.