-->

Penyebab Muncul Ketombe di Kepala

Penyebab Muncul Ketombe di Kepala

Salah satu masalah kulit kepala yang sering dialami banyak orang adalah ketombe. Ada beberapa penyebab muncul ketombe di kepala yang perlu diketahui agar kita dapat mengatasinya dengan efektif.  Bagaimanapun ketombe dapat mengganggu penampilan dan kenyamanan bila muncul rasa gatal yang berlebihan di kepala kita. 

Informasi kali ini dihadirkan untuk mengupas apa saja yang menjadi penyebab munculnya ketombe di kepala, bagaimana mengatasinya dan beberapa tips mudah untuk mencegahnya.

Pengaruh Jenis Kulit Kepala pada Ketombe

Ada sebagian orang yang mengatakan bahwa jenis kulit kepala bisa menjadi penyebab utama muncul ketombe di kepala. Jenis kulit kepala yang kering memiliki persentase ketombe lebih besar daripada jenis kulit kepala lainnya. Namun pada jenis kulit kepala yang berminyak, apabila produksi kelenjar minyak pada kulit terlalu berlebihan bisa juga menjadi sebab muncul ketombe pada kepala.

Guna mencegah dan mengatasi masalah ketombe karena jenis kulit kepala, kita mesti bisa menjaga tingkat kelembaban area kulit kepala agar tidak terlalu kering ataupun terlalu lembab. Hal ini bisa diterapkan dengan membiasakan diri untuk mandi secara teratur dan membersihkan rambut dengan conditioner (shampo) yang sesuai dengan jenis kulit kepala kita.

Ketombe dan Pola Makan

Ternyata pola makan bisa mempengaruhi munculnya ketombe pada kepala kita. Pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur bisa menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi  dan hormon pada tubuh. Kondisi seperti ini dapat mengganggu keseimbangan kesehatan kulit kepala, terutama ketika anda sedang menjalankan program Diet.

Diet yang tidak seimbang menjadi salah satu faktor yang memicu munculnya ketombe pada kepala. Dehidrasi karena diet juga dapat menyebabkan hal yang sama.  Solusi terbaik untuk hal ini adalah dengan selalu menjaga pola makan yang sehat dan seimbang agar keseimbangan hormon tubuh tetap terjaga.

Hindari konsumsi yang berlebihan terhadap makanan yang berminyak dan beberapa jenis makanan lain yang bisa menyebabkan produksi minyak pada tubuh meningkat. Jaga kecukupan asupan air minum setiap hari agar tubuh tidak kekurangan cairan sehingga kelembaban area kulit kepala dapat lebih stabil.

Cara Merawat Kulit Kepala dan Rambut 

Penyebab muncul ketombe di kepala yang umum terjadi juga dikarenakan cara merawat kulit kepala yang salah ataupun berlebihan. 

Membersihkan rambut secara teratur memang penting untuk dilakukan agar area kulit kepala tetap sehat. Namun sebaiknya hindari membersihkan rambut terlalu sering menggunakan shampo, karena bisa mengakibatkan iritasi pada kulit kepala. 

Pada beberapa produk tertentu, perawatan kulit kepala dan rambut yang tidak sesuai dengan jenis kulit kepala kita akan menyebabkan munculnya masalah lain seperti alergi pada kulit, rasa gatal hingga kerontokan pada rambut. Terutama untuk kulit kepala yang sensitif terhadap penggunaan zat tertentu pada produk tersebut.

Penyakit Jamur Kulit Kepala

Penyebab muncul ketombe di kepala berikutnya adalah munculnya penyakit jamur pada kulit kepala. Penyakit ini disebut juga dengan Malassezia, yang sebenarnya merupakan jamur alami yang tumbuh di area kulit kepala kita. 

Dalam kondisi normal, jamur ini bisa menjaga kelembaban alami kulit kepala. Namun ketika pertumbuhannya sudah berlebihan akan menyebabkan munculnya ketombe di kepala. Jamur ini dapat menyerap protein dari bagian folikel rambut dan menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit kepala, sehingga ketombe dapat mudah muncul.

Mendapati keadaan seperti ini, kita cukup memperbanyak intensitas mencuci rambut dengan air bersih tanpa menggunakan shampo. Jangan lupa untuk selalu mengeringkan rambut sampai benar-benar kering. 

Stres dan Gangguan Kesehatan

Penyebab lain ketombe di kepala adalah adanya gangguan kesehatan dan stres. Beberapa penyakit tertentu akan mengakibatkan menurunnya sistem kekebalan tubuh termasuk mempengaruhi kesehatan area kulit kepala.

Stres juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon tubuh, yang pada akhirnya bisa mengganggu kestabilan produksi kelenjar lapisan kulit kepala. Tentu saja bisa meningkatkan resiko munculnya ketombe di kepala kita.

Menghindari stres dan menjaga kondisi tubuh dari penyakit adalah tips terbaik mengatasi munculnya ketombe pada kepala yang patut kita catat.

Semoga bermanfaat ..

Ikuti setiap update terbaru Info Sehat Ibu Dan Anak melalui Email anda:

Seorang ibu muda yang mencoba belajar dan berbuat yang terbaik untuk keluarga yang bahagia. Semoga berkenan, terima kasih.