-->

Perawatan Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah


Perawatan Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah


Setelah proses persalinan memang kabar bayi lahir dengan normal merupakan kabar yang sangat ditunggu – tunggu oleh bunda. Akan tetapi terkadang beberapa kemungkinan yang tidak diinginkan terjadi. Salah satunya adalah bayi yang lahir dengan berat badan lahir rendah.

Tentunya perawatan bayi dengan berat badan lahir rendah perlu dilakukan secara optimal agar bayi dapat sehat dan tidak mengalami gangguan kondisi kesehatan yang fatal ke depannya.

Lantas seperti apa perawatan bayi dengan berat badan lahir rendah yang sangat cocok untuk diterapkan?

Perawatan Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah

Teliti, cermat dan tekun merupakan tiga kata yang perlu bunda lakukan dalam perawatan bayi dengan berat badan lahir rendah. Dan beberapa langkah perawatan yang cocok dilakukan diantaranya :

Beri ASI yang cukup pada bayi

ASI memang tetap harus menjadi pilihan utama sebagai salah satu cara memberikan nutrisi karena ASI memiliki fungsi untuk menjaga kekebalan tubuh bayi serta memiliki manfaat psikologis antara ibu dan bayi.

Dan seorang ibu hamil akan mengeluarkan susu dengan diikuti usia gestasi kehamilan bayinya. Nanti ibu yang melahirkan bayi prematur akan memiliki ASI dengan komposisi sesuai kebutuhannya.

Anda bisa beri ASI sedikit demi sedikit dan usahakan sesering mungkin untuk mencukupi kebutuhan protein dan kalori bayi Anda apalagi jika ia memang lahir dengan berat badan rendah.

Baca juga : Mengenal Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk bayi usia 6 sd 12 bulan

Pertahankan suhu tubuh normal

Berat badan lahir rendah pada bayi memang dapat memberikan masalah atas perubahan suhunya. Hal ini terjadi karena pada beberapa organ tubuh bayi sebenarnya masih belum siap secara sempurna untuk berada di dunia.

Karena itu Anda perlu perhatikan kondisi lingkungan sekitar guna menunjang dalam mempertahankan suhu tubuhnya. Misalkan dengan cara Anda jaga suhu tubuhnya misalnya di ruangan yang hangat dengan botol yang dihangatkan atau ditempat tidur yang berisi inkubator.

Pastikan tangan selalu dalam kondisi hangat ketika Anda akan memegang bayi yang baru lahir dengan berat badan bayi rendah ini. Upayakan juga Anda cepat ganti popok atau kain bayi Anda.

Pencegahan atau penularan infeksi

Pencegahan yang seperti ini dapat Anda lakukan dengan cara Anda cuci tangan sebelum Anda pegang bayi yang lahir dengan berat badan rendah. Dan upayakan Anda hindarkan kontak dengan orang atau lingkungan yang memiliki resiko untuk menularkan infeksi atas bayi Anda.

Jika Anda mengalami masalah seperti bayi malas minum, nafas jadi tidak teratur dan suhu badan tidak normal maka Anda perlu segera hubungi dokter. Dan berikan suplementasi yang sesuai dengan petunjuk dokter.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Perawatan Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah.

Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Ikuti setiap update terbaru Info Sehat Ibu Dan Anak melalui Email anda:

Seorang ibu muda yang mencoba belajar dan berbuat yang terbaik untuk keluarga yang bahagia. Semoga berkenan, terima kasih.