-->

Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

Bagi banyak wanita yang telah berkeluarga, Hamil atau mengandung merupakan sebuah waktu yang paling ditunggu. Terutama bagi para pengantin baru dan pasangan yang belum mempunyai anak.

Tidak semua orang beruntung bisa mendapatkan kehamilan ketika mereka benar-benar menginginkannya. Yang pasti, kehamilan adalah moment bahagia yang bisa membuat hidup para pasangan lebih bernilai.

Untuk itu, para bunda perlu mengetahui informasi seputar kehamilan dan nutrisi penting bagi ibu hamil berikut ini.

Nutrisi pada masa kehamilan sangat penting dijaga, agar perkembangan kesehatan ibu dan anak tetap terjaga. Selain itu, perkembangan janin akan sangat dipengaruhi cukupnya nutrisi yang baik dan seimbang yang dikonsumsi ibu.

Yuk, simak apa saja nutrisi penting bagi ibu hamil tersebut.

Vitamin C dan Kalsium

Ibu hamil sangat disarankan tercukupi nutrisi yang ini. Kebutuhan vitamin C untuk ibu hamil di perkirakan mencapai 85 miligram setiap hari. Sedangkan kebutuhan kalsium untuk ibu hamil mencapai 1000 miligram setiap harinya.

Nutrisi vitamin C dan kalsium bagi ibu hamil ini akan membantu proses perkembangan tulang dan gigi calon bayi. Vitamin C juga mampu meningkatkan kerja metabolisme ibu hamil.

Sumber makanan yang dipercaya mengandung banyak vitamin C antara lain ; Buah-buahan seperti tomat, mangga, melon hingga jeruk. Dan kalsium dapat diperoleh dari konsumsi telur, susu, kubis dan tahu.

Protein 

Para ibu hami juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan protein sekitar 75 s/d 100 gram protein setiap hari. 

Fungsi protein bagi ibu hamil adalah untuk pertumbuhan jaringan calon bayi dan dapat meningkatkan suplai darah bagi ibu hamil. 

Adapun makanan yang mengandung protein bisa didapat dari kacang-kacangan, ikan, ayam dan tahu.

Asam Folat

Nutrisi penting lainnya bagi ibu hamil adalah asam folat. Diperkirakan kebutuhan ibu hamil atas asam folat sekitar 600 s/d 800 mikrogram setiap hari.

Asam folat dapat membantu proses pembentukan system syaraf calon bayi. Beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan asam folat seperti tomat, bayam, buah jeruk dan kubis.

Zat Besi

Kebutuhan ibu hamil akan zat besi, bisa dikatakan sangat penting. Karena zat besi bisa mencegah gejala anemia bagi ibu hamil. Zat besi juga bisa meningkatkan volume darah yang akan berpengaruh pada kesehatan dan perkembangan calon bayi dalam kandungan.

Makanan seperti Daging sapi, Bayam, Selada, Kubis dan daging unggas dapat dikonsumsi para ibu hamil guna mencukupi kebutuhan zat besi.

5 Jenis nutrisi diatas sangatlah dibutuhkan bagi ibu hamil. Penting bagi para suami juga mengerti hal ini, sehingga bisa membantu ibu hamil agar kebutuhan 5 nutrisi penting bagi ibu hamil tersebut dapat terpenuhi.

Para ibu hamil juga harus senantiasa menjaga dari makanan lain yang dapat membahayakan janin. Pastikan makanan dimasak dengan matang, agar berbagai bakteri yang mungkin terdapat pada bahan makanan dapat mati. Sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

Ibu hamil juga sebaiknya bisa menghindari segala jenis minuman yang mengandung kopi dan minuman bersoda. Disarankan memperbanyak konsumsi air putih. 

Dengan air putih, akan mencukupi kebutuhan cairan tubuh yang juga memperlancar proses pencernaan ibu hamil.

Nutrisi penting bagi ibu hamil diatas bisa dijadikan acuan dalam memilih dan menyiapkan makanan untuk ibu dan calon bayi. 

Semoga bermanfaat, salam sehat.

Baca juga : Pentingnya asupan gizi yang cukup bagi anak

Ikuti setiap update terbaru Info Sehat Ibu Dan Anak melalui Email anda:

Seorang ibu muda yang mencoba belajar dan berbuat yang terbaik untuk keluarga yang bahagia. Semoga berkenan, terima kasih.