-->

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang yang efektif

Penampilan rambut yang sehat sebagai mahkota bagi wanita bisa menjadi sebab utama meningkatnya rasa percaya diri. Namun, ketika rambut berada dalam kondisi rusak dan bercabang semua bisa menjadi tidak menarik lagi. 

Mengatasi rambut kering dan bercabang selalu jadi salah satu masalah penting bagi sebagian besar wanita. Untuk itulah banyak wanita yang rutin melakukan berbagai perawatan khususnya perawatan rambut agar penampilannya dapat semakin menarik.

Perawatan yang tepat diperlukan untuk mengatasi masalah rambut kering dan bercabang. Karena kondisi rambut dan jenis kulit kepala yang berbeda pada setiap orang, maka cara merawatnya pun tidak sama. Merawat rambut yang panjang akan sedikit lebih sulit dibandingkan merawat rambut yang pendek. Rambut yang panjang rentan mengalami kerusakan bila tidak dirawat dengan benar.

Rambut kering dan bercabang bisa terjadi karena berbagai faktor , misalnya cara merawat rambut yang salah, sering kena sinar matahari, gaya hidup yang tidak sehat, kurang nutrisi, over styling dan lain-lainnya. Jika anda sering menggunakan pengering rambut, anda layak berhati-hati dan mengurangi frekuensi pengunaannya, karena kondisi rambut bisa mengalami kerusakan lebih cepat.

Menerapkan cara mengatasi rambut kering dan bercabang dibawah ini harus dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Kondisi rambut yang kering dan bercabang butuh waktu yang cukup lama agar dapat kembali sehat kembali, tergantung dari tingkat kerusakan yang dialami.

Berikut beberapa cara mengatasi rambut kering dan bercabang yang efektif untuk para pembaca :


Selalu menjaga kebersihan rambut

Rambut yang sehat dapat terjadi karena kebersihan rambut dan area kulit kepala dalam keadaan baik. Menjaga kebersihan rambut adalah perawatan yang wajib anda lakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat. 

Direkomendasikan untuk mencuci rambut tidak setiap hari, karena bisa mengganggu keseimbangan kelembaban alami rambut dan kulit kepala. Ketika rambut tidak mendapatkan kelembaban alami yang cukup dapat menyebabkan rambut mudah kering dan bercabang.  Sebaiknya anda mencuci rambut setiap 2 – 3 hari sekali agar kebersihan rambut tetap terjaga dengan baik.

Rambut yang bersih dan sehat bisa mencegah terjadinya kerusakan pada rambut, terutama rambut kering dan bercabang.

Keringkan rambut secara alami

Menjaga kelembaban alami rambut dan kulit kepala mesti mendapatkan perhatian khusus ketika anda mencoba mengatasi masalah rambut kering dan bercabang

Hindari kebiasaan menggunakan pengering rambut (hair dryer) untuk mengeringkan rambut anda setiap selesai mandi. Penggunaan hair dryer yang terlalu sering atau dalam jangka waktu lama akan membuat rambut menjadi tidak sehat dan mudah rusak.

Keringkan rambut dengan cara mengelap rambut dengan handuk yang lembut. Pastikan anda tidak berlebihan menggosokkan  rambut dengan handuk, karena bisa merusak serat rambut dan membuat rambut jadi mudah kusut.

Jaga kondisi rambut tidak basah dan juga tidak terlalu kering (terkena panas matahari berlebihan).

Jaga kesehatan rambut dengan menggunakan Vitamin dan Jojoba oil

Cara mengatasi rambut kering dan bercabang yang efektif bisa diwujudkan dengan membuat rambut tetap sehat. Salah satunya dengan rutin memberikan vitamin pada rambut dan menggunakan Jojoba oil.

Vitamin diperlukan sebagai suplemen tambahan untuk pertumbuhan serat rambut. Selain itu bisa menjadi nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan rambut anda, menyehatkan rambut dan dapat mencegah rambut rusak.

Sedangkan Jojoba oil bermanfaat untuk mengatasi rambut kering dan bercabang, rambut rontok, rambut berminyak dan lain sebagainya. Jojoba oil dapat menjadi nutrisi penting untuk folikel rambut karena dapat menjaga dan memperkuat rambut agar tidak mudah rusak.

Memangkas rambut secara teratur

Ketika anda mendapati ujung rambut anda terlihat kering dan bercabang, segeralah lakukan pemangkasan pada rambut anda. Memangkas rambut secara teratur bisa menjadi solusi yang mudah dilakukan untuk mengatasi rambut kering dan bercabang. Pemangkasan rambut secara teratur bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat. 

Kondisi Rambut Kering dan Bercabang
Hindari perawatan rambut yang berlebihan (over styling) 

Tahukah anda rambut bisa cepat rusak ketika anda sering melakukan perawatan rambut berlebihan ?

Hal ini dapat dialami bagi wanita yang sering mewarnai rambut dan meluruskan rambut di salon, terutama menggunakan bahan kimia dan panas yang berlebihan ketika menjalani perawatan rambut.

Perawatan rambut yang berlebihan (over styling) dapat merusak kekuatan dan kesehatan alami rambut, pada akhirnya rambut anda bisa mudah rusak, kering dan bercabang.

Menghindari Stres

Ketika anda menerapkan cara mengatasi rambut kering dan bercabang diatas, agar mendapatkan hasil yang lebih optimal anda harus menghindari kondisi pikiran yang stres.  Kondisi tertekan dan stres bisa mengganggu perawatan yang sedang anda lakukan.

Berpikir positif dan memiliki pikiran yang tenang dapat membantu anda terhindar dari masalah kesehatan rambut lainnya seperti kerontokan dan ketombe.


Konsumsi makanan bergizi

Rambut yang sehat harus mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang baik. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi akan dapat menjaga kesehatan tubuh dan rambut anda. 

Untuk mengatasi rambut kering dan bercabang yang efektif wajib diiringi dengan kecukupan nutrisi untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut anda seperti vitamin dan mineral. Misalnya vitamin A, B6, C, Omega 3 dan Zync yang sangat bermanfaat sebagai nutrisi penting bagi kesehatan rambut.

Menjaga rambut dari sinar matahari 

Rambut bisa cepat rusak, kering dan bercabang ketika sering terkena sinar matahari langsung. Untuk itu anda harus menggunakan penutup kepala seperti topi ketika anda melakukan kegiatan diluar rumah, terutama daerah dengan cuaca yang terik dan panas seperti di pantai.

Selain melakukan beberapa cara mengatasi rambut kering dan bercabang diatas, anda juga harus membiasakan pola dan gaya hidup yang sehat mulai dari sekarang. Jangan lupa untuk banyak mengkonsumsi air putih agar tubuh dapat terhindar dari dehidrasi yang juga bisa mengganggu kesehatan rambut anda.

Semoga bermanfaat…

Ikuti setiap update terbaru Info Sehat Ibu Dan Anak melalui Email anda:

Seorang ibu muda yang mencoba belajar dan berbuat yang terbaik untuk keluarga yang bahagia. Semoga berkenan, terima kasih.