-->

Kenali 3 Penyebab Utama Anak Nakal

3 Penyebab Utama Anak Nakal
Siapa sih yang berkeinginan memiliki anak yang nakal ? 

Anak nakal biasanya bertindak tanpa mematuhi intruksi orang tua dan susah diatur. Pada umumnya mereka tidak bisa mengendalikan sikapnya baik ketika berada dalam lingkungan rumah maupun saat berada diluar rumah.

Yang patut kita ketahui bersama, anak nakal bukanlah karena mereka memang nakal dari awal. Banyak hal yang bisa menyebabkan anak menjadi nakal dan tidak mau menuruti kata-kata orang tuanya. Pengaruh terbesar anak menjadi nakal biasanya disebabkan faktor lingkungan dan cara orang tua mengasuh anak dalam kehidupan sehari-hari. 

Apa saja  penyebab anak nakal yang patut anda ketahui ?

1. Kebiasaan Memanjakan Anak 

Hal penting yang sangat mempengaruhi sikap dan kepribadian anak adalah cara kita yang salah dalam mengasuh anak, salah satunya adalah kebiasaan memanjakan anak. Kebiasaan ini mesti diperhatikan betul oleh para orang tua agar anak tidak menjadi nakal.

Memanjakan anak akan memperkuat sikap keras kepala anak-anak kita. Selain itu, kebiasaan selalu menuruti dan memenuhi keinginannya akan membuat anak sulit untuk mandiri dan tidak menghargai orang lain, termasuk orang tuanya sendiri.

Kebiasaan memanjakan anak juga secara tidak langung sama dengan mengajarkan anak untuk bertindak seenaknya sendiri, sehingga ia mudah menjadi nakal dan bandel karena ia merasa selalu benar dan dilindungi orang tuanya.

Baca juga : Tepatkah Mendidik Dengan Cara Menakuti Anak ?

2. Kurangnya Perhatian dan Kasih Sayang Orang Tua

Penyebab anak nakal yang perlu anda ketahui selanjutnya adalah kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua. Kondisi ini biasanya terjadi pada keluarga yang tidak harmonis (bermasalah) dan keluarga ‘single parents’ atau broken home. 

Anak dalam masa pertumbuhannya jelas membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari kedua orangtuanya sendiri, baik melalui interaksi langsung maupun tidak langsung. Pola pengasuhan anak (parenting) yang terjadi dalam suatu keluarga juga dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian anak.

Kepribadian anak bisa dibentuk sejak dari kecil melalui penerapan pengasuhan anak yang tepat. Dengan memenuhi perhatian dan kasih sayang yang cukup, sedikit banyak bisa menjadi filter yang kuat untuk mencegah anak menjadi nakal. Terutama ketika mereka mulai berbaur dengan lingkungan luar rumah.

Baca juga : Mengenali Tipe Anak Aktif dan Hiperaktif

3. Faktor Lingkungan dan Pergaulan

Seperti yang telah disebutkan diatas, faktor lingkungan bisa menjadi faktor utama sebagai penyebab anak menjadi nakal, bila 2 (dua) hal diatas telah dilakukan dengan baik.

Lingkungan dan pergaulan anak bisa mempengaruhi pola pikir dan perkembangan kepribadian anak. Lingkungan yang baik akan mendorong anak bersikap yang baik pula, demikian sebaliknya. Ketika anak bergaul dengan lingkungan yang buruk, anak mudah sekali berubah menjadi nakal dan susah diatur.

Lingkungan pergaulan yang tidak baik juga dapat menjadi penyebab anak menjadi nakal. Untuk itu sangat diperlukan peran dari para orang tua agar dapat memberikan perhatian khusus agar anak tidak mudah bergaul dengan orang yang salah. 

Hanya saja, kita tidak perlu bersikap over protektif terhadap anak karena bisa membuat anak malah menjadi semakin keras dan mudah melawan orang tua.

Untuk menciptakan kondisi lingkungan dan pergaulan anak yang baik, hal penting yang harus kita lakukan terlebih dahulu adalah menciptakan kondisi lingkungan keluarga yang harmonis dan kondusif. Lingkungan keluarga yang baik akan secara langsung berdampak pada cara anak bersikap dan bergaul dengan orang lain.

Mewujudkan hal ini jelas tidak mudah dan membutuhkan waktu yang berkelanjutan. Para orang tua harus mampu menjadi contoh, teladan dan panutan yang baik dimata anak, sehingga anak dapat menghargai dan menghormati orang tua serta orang lain.

Baca juga : Tips Menjaga Hubungan Komunikasi Anak dengan Orang Tua

Dengan memahami 3 penyebab utama anak nakal diatas, setidaknya kita bisa mengantisipasi dan dapat melakukan berbagai tindakan antisipasi sejak dini agar anak-anak kita tidak menjadi nakal.

Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat buat para pembaca, salam parenting !

Ikuti setiap update terbaru Info Sehat Ibu Dan Anak melalui Email anda:

Seorang ibu muda yang mencoba belajar dan berbuat yang terbaik untuk keluarga yang bahagia. Semoga berkenan, terima kasih.