-->

4 Penyebab Anak Kurus Yang Patut Bunda Ketahui !

4 Penyebab Anak Kurus Yang Patut Bunda Ketahui !

Agar pertumbuhan anak dapat berkembang maksimal, setiap orang tua harus selalu memperhatikan kondisi kesehatan dan tubuh anak setiap saat.

Mengingat pertumbuhan anak yang baik berperan bagi perkembangan kecerdasan dan kesehatan anak itu sendiri, salah satu tolak ukur yang dapat kita pakai untuk melihat pertumbuhan anak adalah dengan memantau berat badan anak.

Mewujudkan berat badan anak yang ideal sangat penting untuk dijaga, karena bisa menjadi indikasi kesehatan anak secara langsung. Badan anak yang terlalu kurus ataupun gemuk bisa jadi menjadi indikasi adanya penyakit maupun kelainan lain yang terjadi pada anak tersebut.

Beberapa penyebab tubuh anak kurus yang patut anda ketahui

Ada banyak sebab yang bisa menyebabkan anak menjadi kurus terutama pada kondisi telah mendapat cukup asupan nutrisi dan gizi seimbang.  Namun, bunda wajib memperhatikan 4 hal dibawah ini yang sering menjadi penyebab utama tubuh anak menjadi kurus.

1. Masalah Kesehatan

Adanya masalah kesehatan pada anak merupakan salah satu sebab utama tubuh anak tidak tumbuh normal.  Misalnya penyakit cacingan dan diare yang dapat menyebabkan tubuh mereka jadi kurus. Kedua penyakit ini akan mengakibatkan tubuh anak tidak dapat menyerap asupan nutrisi dan gizi yang diberikan pada anak, sehingga pertumbuhan tubuhnya akan terganggu.

Untuk itu, bunda wajib mewaspadai gejala apapun yang terjadi pada tubuh anak anda. Kemudian bersikap cepat dan responsif untuk segera memeriksakan anak ke rumah sakit ataupun dokter anak. Seringkali para orang tua tidak menyadari adanya masalah kesehatan yang terjadi pada anak dan cenderung mengabaikan kondisi tubuh anak yang kurus. 

2. Alergi Makanan

Penyebab tubuh anak menjadi kurus juga bisa disebabkan adanya alergi terhadap makanan tertentu. Beberapa alergi makanan bahkan dapat mengurangi kemampuan tubuh anak untuk menyerap nutrisi makanan yang diberikan.

Salah satu contoh alergi makanan pada anak yang patut anda waspadai adalah alergi pada protein gluten, yang dapat menyebabkan lapisan usus pada tubuh anak rusak sehingga penyerapan nutrisi makanan tidak dapat berjalan dengan baik.

Rutin melakukan pemeriksaan berkala terhadap kesehatan tubuh anak sebaiknya bunda terapkan agar kondisi ini dapat dihindari.

3. Makan banyak, namun kurang nutrisi dan gizi

Adakalanya, tubuh anak yang kurus bukan disebabkan kurang makan ataupun masalah kesehatan tubuhnya. Namun, kurangnya nutrisi dan gizi seimbang bisa menjadi sebab utama kenapa tubuh anak tidak bertambah gemuk walaupun makan banyak.

Bunda layak membaca artikel sebelumnya yang berjudul Pentingnya Asupan Gizi Yang Cukup Bagi Anak untuk menjadi sumber inspirasi bunda untuk mempertimbangkan nutrisi yang tepat dan seimbang agar anak tumbuh dengan baik. 

4. Adanya Infeksi

Penyebab lain tubuh anak tetap kurus dan susah untuk gemuk bisa juga disebabkan adanya infeksi pada tubuh anak. Kondisi seperti ini dapat saja terjadi tanpa disadari,  terutama bagi anak yang tidak/belum mendapatkan imunisasi.

Misalnya infeksi yang terjadi pada paru-paru anak atau terjangkit penyakit TBC.  Kondisi tubuh anak jelas tidak bisa berkembang optimal karena bakteri atau virus tersebut merusak sistem pencernaan dan kekebalan tubuh anak.  Sehingga sebanyak apapun makanan yang anak cerna sering tidak bisa diserap tubuh anak sempurna.


4 penyebab tubuh anak menjadi kurus diatas mesti bunda waspadai sejak dini, agar pertumbuhan anak dapat berjalan sesuai dengan harapan kita.

Semoga bermanfaat …

Ikuti setiap update terbaru Info Sehat Ibu Dan Anak melalui Email anda:

Seorang ibu muda yang mencoba belajar dan berbuat yang terbaik untuk keluarga yang bahagia. Semoga berkenan, terima kasih.